Kamis, 02 Juli 2015

Menara Pandang Tele

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Danau Toba, keberadaan menara ini tentunya sudah tidak asing lagi sebab Menara Pandang Tele ini cukup populer di kalangan wisatawan terutama bagi mereka yang hobbi fotografi. Menara Pandang Tele merupakan merupakan menara yang tingginya terdiri dari 4 tingkat dan masing-masing tingkatnya memiliki jarak pandang yang berbeda, tentunya tingkat paling atas yang merupakan tingkat utama untuk memandang sebahagian panorama Danau Toba.

Menara ini cukup bagus, dengan lantainya yang bersih berkeramik serta beberapa anak tangga yang menghubungkan antara satu tingkat ke tingkat lainnya serta dinding-dindingnya yang dilapisi oleh kaca yang cukup kuat. Yang paling unik dari bangunan Menara Pandang Tele ini adalah bentuk atapnya yang menyerupai sebuah bolon, sehingga memberikan kesan yang sangat unik ketika Anda pertama kali melihat bangunan ini.

Mulai didirikan pada tahun 1980 akhir, tujuan dibangunnya menara ini adalah sebagai fasilitas pelengkap pariwisata Sumatera Utara. Kemudian Drs. G. Sinaga yang kala itu menjabat sebagai Bupati Tapanuli Utara meresmikannya di tahun 1988. Menara Pandang Tele ini terdapat di Tele, tepatnya di Pulau Samosir yang merupakan salah satu pulau yang menjadi destinasi pariwisata penting di Danau Toba.



Tele sendiri merupakan sebuah kawasan tertinggi di sekitar Danau Toba sehingga dengan keberadaan menara yang terdapat di kawasan tersebut, Anda dapat melihat beberapa objek wisata yang terbentang dengan indahnya seperti perairan Danau Toba dengan panorama beberapa kapal dan boat yang melintas menuju Pulau Samosir, kemudian terlihat juga sebahagian perbukitan yang mengelilingi Danau Toba dengan warna kehijau-hijauan, serta sebahagian daratan di Pulau Samosir pun terlihat dengan jelas.

Selain panorama dari kejauhan, panorama yang terdapat di sekitar Menara Pandang Tele ini pun cukup menarik, seperti hamparan perbukitan yang hijau dengan ruas jalan yang cukup sepi. Panorama tersebut dinamakan oleh masyarakat sekitar dengan nama Panorama Indah Tele. Pertama kali didirikannya bangunan menara ini, jumlah wisatawan yang berkunjung pun cukup banyak bahkan lokasi ini dahulunya hampir tidak pernah sepi oleh wisatawan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar