Kamis, 02 Juli 2015

Lau Mentar

Lau Mentar Canyon berada di Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Waktu tempuh dari medan kami tempuh sekitar 5 jam (waktu 5 jam termasuk kami berhenti berfoto-foto di jembatan lau luhung dan jembatan gantung, juga di aliran sungai jernih di tengah perjalanan ke lau mentar).


Untuk sampai ke lokasi, hanya bisa dengan menggunakan transportasi sepeda motor saja, karena jalur yang dilalui, kondisi jalanan nya lumayan ekstrem. Kalau teman pernah ke Tinggi Raja, jalan ke Lau Mentar Canyon ini lebih ekstrem lagi dari pada jalanan ke Tinggi Raja. Usahakan tidak memilih sepeda motor matic atau motor bebek yang jarak mesin dan permukaan tanah cukup dekat, karena akan menemui jalur bebatuan yang cukup menyulitkan.



Di tengah perjalanan, kita akan menjumpai sebuah jembatan beton di kawasan Tiga Juhar. Jembatan ini menyajikan view yang bagus, terlebih untuk kita mengabadikan gambar. Di sekeliling jembatan kita akan melihat hamparan pepohonan dan di salah satu jembatan terdapat sebuah jembatan tua yang sudah hampir bobrok termakan usia. Walaupun terlihat tua, jembatan tersebut masih aman dilalui dengan berjaan kaki, dan pejalan tidk mengambil resiko berjalan sampai ke tengah jembatan.







Sampai di Lokasi parkir, kita disambut oleh warga sekitar yang sudah mulai menawarkan jasa guide (wajib)... padahal menurut penurutan teman saya yang sudah pernah mengunjungi Lau Mentar ini, beberapa bulan lalu untuk menikmati objek wisata disini tidak dipungut biaya sama sekali, hanya uang parkir yang diberikan sukarela kepada penduduk setempat. Namun, Menurut penjelasan guide disana, pemungutan uang guide dilakukan karena telah terjadi kehilangan sepeda motor beberapa waktu lalu, maka warga sekitar berinisiatif untuk menertibkan segala sesuatunya agar lokasi wisata Lau Mentar ini menjadi lebih baik lagi.


Untuk objek wisata nya sih ada 3 yaitu Sungai yang berwarna kehijauan, Goa, dan Air Terjun. Tersedia 3 paket guide, paket A untuk 1 lokasi sebesar R.p.10.000/orang, paket B untuk 2 lokasi sebesar R.p. 15.000/orang, paket C untuk 3 lokasi sebesar 20.000/orang.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar